Freelance

Cara untuk Mendapatkan Pekerjaan Freelance

By  | 

Topik kita kali ini yaitu Cara untuk Mendapatkan Pekerjaan Freelance. Di zaman serba canggih seperti saat ini, mencari informasi lowongan pekerjaan freelance dapat dikatakan tidak terlalu sulit apalagi jika Anda mempunyai jaringan yang luas dan keahlian di bidang tertentu. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan freelance. Bagi freelancer profesional yang jam terbang sudah tinggi dan mempunyai jaringan yang luas tidaklah sulit untuk mendapatkan proyek freelance.

Cara untuk Mendapatkan Pekerjaan Freelance

Ditambah lagi apabila Anda memiliki jaringan dan klien yang banyak serta dikenal baik oleh perusahaan-perusahaan yang pernah menjalin kerja sama sebelumnya. Cukup dengan mengirim pesan singkat dari ponsel atau yang lebih dikenal dengan SMS maupun melalui telepon, informasi proyek dapat langsung Anda peroleh dalam waktu singkat.

Apabila Anda merupakan freelancer pemula jangan takut mengalami kesulitan mendapatkan proyek. Jika Anda belum memiliki koneksi atau jaringan informasi dari perusahaan-perusahaan. Anda dapat browsing berbagai perusahaan yang memutuhkan freelancer dari internet. Apalagi saat ini internet bukan lagi sebagai barang mewah, bahkan saat ini Anda dapat menemukan warnet dengan mudah atau hotspot gratis di beberapa tempat, seperti kampus, tempat makan, maupun rumah sakit.

Dengan browsing informasi di internet, Anda akan banyak mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan freelance. Selain itu, Anda juga dapat mencari informasi perusahaan yang membutuhkan freelancer melalui :

1. Media massa

Media massa seperti koran, tabloid, atau majalah juga dapat dijadikan sebagai sumber informasi lainnya untuk mendapatkan pekerjaan freelance yang jumlahnya tidak kalah banyak dari internet. Mencari informasi dari media massa juga dapat dikategorikan murah meriah. Anda dapat mencari informasinya di kolom lowongan pekerjaan. Pada koran harian biasanya iklan lowongan banyak ditemukan pada hari Sabtu dan Minggu.

Sementara ada juga tabloid tertentu yang khusus menginformasikan berbagai bisnis dan lowongan pekerjaan maupun freelance. Akan tetapi, Anda harus jeli dalam memilih perusahaan yang akan dijadikan klien Anda. Hal ini ditujukan agar Anda terhindar dari perusahaan ‘fiktif’ yang jumlahnya tidak sedikit yang turut mengiklankan lowongan pekerjaan di media massa.

2. Media elektronik

Mencari informasi pekerjaan freelance melalui media elektronik, seperti di radio dan televisi dapat menjadi pilihan Anda lainnya. Meskipun informasi pekerjaan yang disajikan pada media elektronik tidak terlalu banyak, keakuratan iklan tersebut dapat lebih dipercaya. Biasanya iklan lowongan pekerjaan freelance pada radio disiarkan secara live (langsung) dengan menerima telepon dari pendengarnya atau ada yang mengiklankan secara khusus. Siaran langsung tersebut akan menginformasikan jenis pekerjaan, alamat perusahaan, nomor telepon yang dapat dihubungi, bahkan lengkap dengan gaji yang ditawarkan. Begitu juga informasi lowongan freelance yang diiklankan di layar televisi.

Mencari informasi pekerjaan di radio dan televisi akan mengurangi unsur penipuan. Hal ini disebabkan para pemasang iklan (perusahaan/perseorangan) biasanya akan mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar untuk ditampilkan di radio atau televisi. Dengan demikian, perusahaan tidak main-main menawarkan pekerjaan tersebut. Dengan kata lain, sebaiknya mulai sekarang Anda rajin mencari dan mendengarkan informasi di media elektronik tersebut.

3. Teman atau jaringan lainnya

Memiliki teman, sahabat, kerabat, kenalan, atau relasi yang cukup banyak memberikan peluang kepada Anda untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan freelance. Biasanya pihak yang tahu terlebih dahulu informasi suatu perusahaan yang sedang mencari atau membuka lowongan freelance adalah karyawan perusahaan tersebut. Dengan kata lain, bisa saja suatu perusahaan mencari tenaga freelance melalui karyawannya.

Biasanya karyawan tersebut akan merekomendasikan teman atau kenalannya yang sesuai dan mempunyai kemauan untuk dijadikan kandidat freelancer. Ditambah lagi dengan kualitas dan kredibilitas seorang freelancer yang sudah diketahui melalui orang yang mengenalnya. Dengan cara seperti ini, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengiklankan lowongan freelance. Nah, mungkin saja Anda mendapatkan pekerjaan freelance melalui orang-orang di sekitar Anda.

4. Pelamar aktif

Jika Anda kesulitan mendapatkan informasi perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga freelance, Anda dapat membidik perusahaan yang membutuhkan tenaga freelance dengan langsung memasukkan lamaran ke perusahaan tersebut tanpa menunggu ada pembukaan lowongan pekerjaan freelance. Walaupun pada saat itu perusahaan yang dituju sedang tidak ada pembukaan lowongan freelance, biasanya data Anda yang memenuhi persyaratan akan disimpan oleh mereka sebagai antisipasi apabila suatu saat dibutuhkan kembali. Jadi, jangan takut lamaran Anda akan terbuang sia-sia jika menjadi pelamar aktif.

Demikian info tentang Cara untuk Mendapatkan Pekerjaan Freelance semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *