Promosi Webmaster Freelance

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

By  | 

Pada kesempatan ini kami akan ulas seputar Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!. Webmaster freelance berbeda dengan webmaster yang berdiri atas nama bendera perusahaan. Peran mereka di samping melakukan hal-hal yang berkaitan dengan situweb, mereka pun mesti memiliki kepandaian pemasaran.

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

Mungkin untuk yang kerja pada suatu perusahaan atau website agency engga terlalu bermasalah, karena project udah disiapkan oleh perusahaan tapi untuk webmaster freelance proyek harus dicari sendiri.

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

Bagaimana sih metode yang praktis untuk memasarkan jasa Anda supaya bisa banyak diketahui oleh kalayak umum?. Berikut langkah-langkah cara mengenalkan jasa webmaster freelance Anda.

1. Dari Mulut ke Mulut

Sistem ini amat tepat, tetapi prosesnya cukup simpel. Telah jadi rahasia umum jika seseorang merasa puas dengan apa yang menjadi hajatnya, dia bakal menjalankan promosi dari mulut ke mulut tanpa diperintah. Jadi, apabila sudah bisa membikin puas klien, Anda sudah mendapat dua manfaat sekaligus sebenarnya. Guna kelancaran usaha, jangan pelit memberikan kartu nama Anda, karena bisa saja customer memiliki kebutuhan lain di samping membikin web.

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

2. Milis dan forum

Milis dan forum adalah salah satu cara yang paling banyak diterapkan buat mempromosikan jasa. Anda bisa membedakan milis dan forum dalam beberapa hal. MILIS yaitu sekumpulan orang yang suka bidang tertentu dan jumlahnya cukup banyak, biasanya mereka saling bertukar berita dan diskusi sesuai dengan apa yang mereka minati. Misalnya milis pencinta OS Linux, milis barang-barang antik, dan masih banyak yang lainnya.

FORUM yaitu tempat berdialog berkaitan dengan apa saja dan umumnya merundingkan suatu tema tertentu. Dalam forum terdiri dari admin, moderator dan anggota. Isi forum pun beraneka menurut kelompok tertentu. Beberapa forum yang dapat Anda kunjungi yakni Forum Webmaster, Kaskus.com dan sebagainya.

Milis dan forum merupakan media online buat promosi, jadi usahakan Anda “mempromosikan” sebaik mungkin kepada para anggotanya. Dan ada bagusnya jangan terpaut pada satu milis dan forum saja, supaya Anda memperoleh ruang lingkup dan kesempatan yang lebih lebar.

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

3. Blog Marketing

Catatan harian online, diary online atau lebih populer dengan sebutan blog menjadi pilar bagi siapa saja yang mau bercurhat ria. Blog is Freedom? Karena di blog siapa saja boleh mencurahkan pengalaman, pendapat, kepakaran, pekerjaan malahan berkaitan dengan hidupnya melalui dunia online.

Dengan adanya blog, Anda dapat memaparkan keahlian yang dimiliki, contohnya pintar desain web, programming atau desain grafis. Sebab bisa saja Anda mendapat pesanan pembuatan web dari salah satu pembaca blog. Melalui blog juga dapat saling bertukar tautan, maksudnya Anda bisa menumpang agar blog dibuat sebagai tautan yang berkaitan. Siapa tahu ada yang mengklik link menuju blog dan melakukan transaksi bisnis dengan Anda.

4. Beriklan di Sosial Media

Kecanggihan sosial media untuk usaha dan marketing udah enggak asing lagi. Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial yang sekarang sedang tenar yakni Facebook buat promosi. Jalinlah pertemanan sebanyak-banyaknya, dengan semakin banyak teman, kesempatan buat mendapatkan isu dan keuntungannya bakal lebih besar. Anda juga dapat memanfaatkan group dan pages pada Facebook untuk memasarkan bisnis sebagai webmaster freelance dan apapun yang berkaitan dengannya. Selain di Facebook Anda pun bisa beriklan di sosial media lainnya, misalnya beriklan di Instagram.

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

5. Workshop dan Training

Kalau Anda kerap kali menyelenggarakan workshop dan penataran maka peluang mencari client lebih terbuka lebar pada saat agenda tersebut berjalan. Tetapi iklan Anda ini jangan terlalu sering, sebab bisa mengganggu kenyamanan workshop atau seminar. Kartu nama seperti biasa jangan dilupakan, agar peserta pelatihan atau workshop bisa mengetahui berita lebih lanjut tentang Anda.

6. Brosur, Pamplet

Brosur dan Pamlet sesungguhnya teknik-teknik jadul yang masih mustajab hingga saat ini. Artinya Anda tidak salah pula kalau masih menerapkan brosur dan pamlet buat kebutuhan pemasaran dan tetap bakal berhasil sekiranya dirancang dengan baik.

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

7. Iklan Murah Namun Ga Murahan

Kebanyakan perusahaan atau jasa pembuatan web mereka mempunyai patokan harga yang pasti buat jasa desain website yang diciptakan. Tapi buat para webmaster freelance hal ini tak sepatutnya dikerjakan. Kenapa demikian? Bila mendapat klien yang baru atau baru kenal dengan Anda, usahakan jangan mematok harga terlalu tinggi. Anda bisa memberikan harga yang cukup miring.

Kontinuitas bisnis Anda jauh lebih penting. Harapannya, jika client puas nantinya bakal mempercayakan lagi project-project lainnya kepada Anda. Selain itu, dia bakal melancarkan promosi dari mulut ke mulut pada patner bisnisnya, teman, tante, om, kakek, nenek dan kawan-kawannya. Sebagai patner usaha yang profesional, meskipun Anda memberikan harga yang relatif murah namun engga asal-asalan.

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

8. Berikan Solusi

Bila webmaster profesional, Anda tentu enggak akan “cuci tangan” sesudah website yang diciptakannya sudah selesai. Berikan layanan after-sales kepada customer Anda. Supaya klien tak selalu merepotkan dan ia juga ga tergantung pada Anda, solusinya buatkanlah sebuah buku tutorial atau manual perihal metode mengatur web yang udah diciptakan. Jadi sama-sama bersuka cita.

9. Berikan Bonus

Poin ini dapat dibilang sebagai sistem yang mulia. Kenapa dapat seperti itu? Memberikan bonus kepada orang yang memberikan referensi agar membuat web di tempat Anda ialah sesuatu yang mulia. Umpamanya, jasa pembuatan website adalah Rp 2.000.000,- maka orang yang memberikan rekomendasi itu akan mendapat komisi sebesar 10 persen dari harga di atas, lumayan bukan? Tetapi seandainya gak sampai terjadi transaksi, maka ia ga berhak atas komisi 10 persen. Ini sebetulnya hanya semacam program marketing saja buat menarik ketertarikan calon klien.

Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!

10. Bangun Sistem Afiliasi

Sistem afiliasi yakni salah satu metode luar biasa untuk mendapat manfaat dengan ‘menggerakan banyak orang’ di internet. Teknik ini perlu dibangun dengan bagus, contohnya saja berapa bonus yang bakal diberi buat orang yang mengikuti program afiliasi ini, kapan proses pencairan uang, melalui media apa sistem afiliasi ini. Umpamanya, buat pemilik blog memasang banner iklan tentang info bisnis pembuatan web Anda. Jika ada yang mendaftar lewat banner afiliasi ini, maka bakal mendapatkan komisi, yang dalam bentang waktu tertentu bonusnya dapat dicairkan atau diambil.

Sekian info berkaitan dengan Inilah Beberapa Strategi Memasarkan Jasa Webmaster Freelance Yang Perlu Diketahui!, semoga postingan ini mencerahkan Anda. Tolong post ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *