Freelance

Keuntungan Anda Bekerja Sebagai Freelance

By  | 

Di artikel ini kami akan ulas seputar Keuntungan Anda Bekerja Sebagai Freelance. Mengapa banyak yang tertarik untuk bekerja sebagai freelancer? Ada beberapa alasan bagi mereka yang memilih bekerja freelance dibanding dengan bekerja sebagai karyawan tetap di kantor.

Keuntungan Anda Bekerja Sebagai Freelance

Pertama, umumnya freelancer mempunyai waktu kerja yang fleksibel, tidak seperti karyawan kantoran yang terikat oleh waktu. Freelancer dapat bekerja sesuai dengan ritme/irama hidupnya. Dengan kata lain, freelancer dapat mengatur jam kerjanya sendiri. Selain itu, mereka juga tidak perlu pergi ke kantor setiap pagi dan pulang pada sore atau malam hari, mengalami stres menghadapi kemacetan lalu-lintas di perjalanan, mengalami berbagai konflik atau masalah di kantor, atau lembur sampai larut malam di kantor.

Freelancer bebas menentukan jam berapa akan bekerja, istirahat, dan kapan pekerjaan itu harus diselesaikan. Pekerjaan itu pun dapat dilakukan di rumah dengan santai. Dengan kata lain, waktu bekerja berada di genggamannya sendiri! Freelancer bebas menggunakan dan mengatur waktu seefektif mungkin.

Kedua, jika memungkinkan, freelancer juga dapat mengerjakan beberapa pekerjaan lain sekaligus. Artinya, pekerjaan yang didapatnya lebih beragam dibandingkan dengan karyawan kantoran yang umumnya monoton dan tidak dinamis. Seorang fotografer misalnya, ia dapat menawarkan jasanya ke perusahaan penerbitan, stasiun TV, atau perusahaan lainnya yang memerlukan keahliannya dalam memotret. Selain itu, ia juga dapat menjual hasil jepretannya di website atau menjadi fotografer untuk perseorangan yang ingin mengabadikan acara yang diselenggarakannya, seperti acara pernikahan, sunatan, reunian, dan acara lainnya.

Contoh lainnya adalah penulis freelance, ia tidak hanya dapat menulis pada satu perusahaan penerbitan saja, tetapi juga menulis di beberapa penerbitan lainnya. Selain menulis, ia juga dapat menjadi seorang editor jika ia mempunyai keahlian mengedit. Dengan demikian, pendapatan seorang freelancer dapat mengucur dari banyak ‘keran’.

Ketiga, penghasilan yang diperoleh freelancer dapat saja lebih besar dibandingkan dengan karyawan tetap. Bagaimana bisa seperti itu? Penghasilan yang diperoleh freelance untuk dapat bersumber dari mana saja. Freelancer berpotensial untuk meraup rupiah tidak hanya dari satu perusahaan saja, bahkan bisa saja dari beberapa perusahaan. Banyaknya penghasilan yang akan diterima freelancer tergantung dari kreativitas, jaringan kerja yang luas, keahlian yang dimiliki, dan pengumpulan informasi berharga lainnya. Semakin kreatif atau semakin luas jaringan kerja ditambah semakin banyak informasi yang ia kumpulkan maka peluang untuk mendapatkan penghasilan juga akan semakin besar.

Freelancer memang tidak memiliki gaji tetap setiap bulan seperti karyawan kantoran. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan karyawan kantoran, freelancer berpotensial mendapatkan penghasilan lebih besar dibandingkan dengan karyawan kantoran. Hal tersebut disebabkan dalam sehari freelancer memungkinkan untuk menangani 1-2 pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam beberapa hari. Misalnya, freelancer yang menangani web design dalam sebuah perusahaan.

Dengan keahlian dan kemampuannya, ia mungkin saja dapat menyelesaikan sebuah web dalam waktu singkat misalnya 1 minggu. Jika ia menetapkan balas karya sebesar 10 juta rupiah setiap satu web yang didesainnya, maka secara ‘kasar’ ia mampu mendapatkan penghasilan 40 juta rupiah dalam sebulan pada perusahaan yang sama dan atau perusahaan lain secara bersamaan.

Selain itu, beberapa freelancer terutama di dunia jurnalistik menganggap dirinya mendapatkan lebih banyak penghasilan dari berbagai sumber yang berbeda. Menurutnya, kehilangan penghasilan dari salah satu sumber hanya akan mengurangi sebagian kecil dari total penghasilannya.

Hal tersebut berbeda dengan karyawan kantoran, mereka akan kehilangan seluruh gajinya jika dipecat dari perusahaannya. Hal tersebut disebabkan penghasilan yang didapatnya sebagai karyawan kantoran merupakan satu-satunya sumber penghasilan yang dimiliki.

Keempat, pada umumnya freelancer bekerja berdasarkan hobi atau keahlian yang dimilikinya. Dengan demikian, ia akan sangat menikmati pekerjaannya. Baginya, bekerja adalah sama dengan melakukan hobinya.

Melihat banyaknya keuntungan menjadi freelancer, Anda tidak perlu ragu untuk menjalaninya. Apabila Anda mempunyai kesibukan lain atau masih sekolah/kuliah pun, pekerjaan ini dapat menjadi pilihan untuk dijalankan. Hal tersebut disebabkan waktu luang yang kita miliki di sela kesibukan lainnya dapat dimanfaatkan untuk menjadi freelancer. Dengan demikian, Anda dapat meraup uang tambahan dengan menjadi freelancer tanpa mengganggu rutinitas yang lainnya.

Demikian info tentang Keuntungan Anda Bekerja Sebagai Freelance semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *