Promosi Webmaster Freelance

Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

By  | 

Topik kita sekarang yakni Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance. Webmaster freelance berbeda dengan webmaster yang berdiri atas nama bendera perusahaan. Pekerjaan mereka selain melakukan hal-hal yang bersinggungan dengan web, mereka pun mesti memiliki kemampuan pemasaran.

 Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

Mungkin bagi yang kerja pada suatu perusahaan atau web agency engga jadi masalah, sebab project sudah disediakan oleh perusahaan tetapi untuk webmaster freelance project mesti dicari sendiri.

Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

Gimana sebenarnya siasat yang ampuh untuk menjual jasa Anda agar dapat banyak diketahui oleh publik?. Berikut penjelasan cara mengenalkan jasa webmaster freelance Anda.

1. Door to Door

Metode ini sungguh-sungguh ampuh, tetapi caranya cukup simpel. Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang merasa puas dengan apa yang menjadi keperluannya, dia bakal menjalankan promosi dari mulut ke mulut tanpa diperintah. Jadi, jika udah dapat membikin puas pelanggan, Anda sudah mendapat dua keuntungan sekaligus sesungguhnya. Demi kelancaran usaha, jangan pelit membagikan kartu nama Anda, karena bisa aja customer memiliki kemauan lain di samping membikin situweb.

Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

2. Milis dan forum

Milis dan forum yaitu salah satu metode yang paling banyak diaplikasikan buat menjual jasa. Anda dapat membedakan milis dan forum dalam beberapa hal. MILIS merupakan sekumpulan orang yang menggemari bidang tertentu dan jumlahnya cukup banyak, rata-rata mereka saling bertukar kabar dan diskusi sesuai dengan apa yang mereka senangi. Contohnya milis penggemar OS Linux, milis barang-barang klasik, dan masih banyak yang lainnya.

FORUM merupakan tempat bertukar pikiran berkaitan dengan apa aja dan kebanyakan membahas satu tema tertentu. Dalam forum terdiri dari admin, moderator dan member. Isi forum pun beragam berdasarkan klasifikasi tertentu. Beberapa forum yang dapat Anda kunjungi ialah Forum Webmaster, Kaskus.com dan lain-lain.

Milis dan forum yaitu media online untuk promosi, jadi usahakan Anda “memasarkan” sebagus mungkin kepada para anggotanya. Dan ada bagusnya jangan tertuju pada satu milis dan forum saja, agar Anda memperoleh ruang lingkup dan peluang yang lebih lebar.

Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

3. Blog Marketing

Catatan harian online, diary online atau lebih terkenal dengan sebutan blog jadi pilar untuk siapa aja yang mau bercurhat ria. Blog is Freedom? Sebab di blog siapa saja dapat menuangkan pengalaman, pengetahuan, kejuruan, karier malah seputar hidupnya lewat dunia online.

Dengan adanya blog, Anda bisa menguraikan keahlian yang dimiliki, misalnya trampil desain website, programming atau desain grafis. Karena bisa saja Anda mendapatkan order pembuatan web dari salah satu viewers blog. Melalui blog juga dapat saling bertukar tautan, maksudnya Anda bisa menumpang supaya blog dijadikan sebagai link yang berkaitan. Siapa tahu ada yang mengklik tautan mengarah ke blog dan melakukan transaksi usaha dengan Anda.

4. Beriklan di Jejaring Sosial

Kehebatan sosmed untuk bisnis dan marketing udah ga asing lagi. Anda bisa memanfaatkan sosial media yang saat ini sedang tenar yaitu Facebook buat promosi. Jalinlah pertemanan sebanyak-banyaknya, dengan makin banyak teman, peluang untuk mendapatkan isu dan kegunaannya akan lebih besar. Anda pun dapat memanfaatkan group dan pages pada Facebook buat memasarkan usaha sebagai webmaster freelance dan apapun yang terkait dengannya. Selain di Facebook Anda juga dapat beriklan di jejaring sosial lainnya, misalnya beriklan di Instagram.

Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

5. Workshop dan Pelatihan

Seandainya Anda kerapkali mengadakan workshop dan penataran maka kesempatan mencari client lebih terbuka lebar pada waktu acara tersebut berjalan. Namun iklan Anda ini jangan terlalu sering, sebab dapat mengganggu kenyamanan workshop atau pelatihan. Kartu nama seperti biasa jangan dilupakan, supaya peserta training atau workshop dapat mengetahui info lebih lanjut seputar Anda.

6. Brosur, Pamplet

Brosur dan Pamlet hakikatnya cara-cara zaman dulu yang masih manjur sampai saat ini. Artinya Anda enggak salah juga jika masih menggunakan brosur dan pamlet untuk keperluan promosi dan tetap akan berhasil kalau diplaning dengan bagus.

Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

7. Iklan Murah Namun Tidak Murahan

Lazimnya perusahaan atau jasa pembuatan web mereka memiliki barometer harga yang pasti untuk jasa desain website yang dibikin. Tapi untuk para webmaster freelance hal ini engga sepatutnya dilakukan. Kenapa demikian? Kalau mendapat client yang baru atau baru kenal dengan Anda, usahakan jangan menentukan harga terlalu tinggi. Anda dapat memberikan harga yang cukup miring.

Kontinuitas bisnis Anda jauh lebih penting. Harapannya, apabila customer puas nantinya bakal mempercayakan lagi project-project lainnya pada Anda. Selain itu, ia bakal melaksanakan promosi dari mulut ke mulut pada patner usahanya, sahabat, tante, om, kakek, nenek dan kawan-kawannya. Sebagai partner bisnis yang profesional, meskipun Anda memberikan harga yang relatif murah tapi gak asal-asalan.

Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

8. Berikan Solusi

Jika webmaster profesional, Anda tentu enggak bakal “cuci tangan” setelah website yang diciptakannya sudah selesai. Berikan servis after-sales kepada client Anda. Supaya konsumen tidak selalu merepotkan dan dia pun ga ketergantungan kepada Anda, solusinya bikinkanlah sebuah buku tutorial atau manual mengenai teknik mengatur web yang udah dibuat. Jadi sama-sama bahagia.

9. Berikan Bonus

Poin ini bisa dibilang sebagai cara yang mulia. Mengapa dapat demikian? Memberikan bonus kepada orang yang memberikan referensi supaya membikin web di pada Anda ialah sesuatu yang mulia. Contohnya, jasa pembuatan website yaitu 2 juta rupiah maka orang yang memberikan rekomendasi tersebut akan memperoleh bonus sebesar 10% dari harga di atas, lumayan bukan? Namun jika tidak sampai terjadi transaksi, maka dia ga punya hak atas komisi 10 persen. Ini hakekatnya hanya semacam strategi promosi saja untuk menarik minat calon pelanggan.

Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance

10. Bangun Sistem Afiliasi

Sistem afiliasi ialah salah satu cara fantastik buat mendapat manfaat dengan ‘memobilisasi orang-orang’ di internet. Teknik ini wajib dibangun dengan baik, contohnya saja berapa komisi yang bakal dikasih untuk orang yang mengikuti program afiliasi ini, kapan proses pencairan komisi, via media apa sistem afiliasi ini. Misalnya, untuk pemilik blog memasang banner iklan perihal informasi usaha pembuatan web Anda. Sekiranya ada yang bergabung lewat banner afiliasi ini, maka bakal memperoleh komisi, yang dalam bentang waktu tertentu komisinya bisa dicairkan atau diambil.

Demikian info tentang Kiat Menjual Jasa Untuk Webmaster Freelance, semoga postingan ini mencerahkan kawan-kawan semua. Mohon post ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *