Freelance

Menjadi Freelancer Dapat Meraup Rupiah Tanpa Terikat Jam Kantoran

By  | 

Di postingan ini kami akan ulas tentang Menjadi Freelancer Dapat Meraup Rupiah Tanpa Terikat Jam Kantoran. Arti freelancer adalah orang yang bekerja sendiri. Freelance dapat diterapkan pada banyak bidang profesi, tapi freelancer paling banyak melakukan jurnalistik, fotografi, desain web, grafis atau pemrograman komputer. Dalam prakteknya, freelancer menjual atau menawarkan kontrak kerjanya kepada klien daripada bekerja seperti seorang staf.

Menjadi Freelancer Dapat Meraup Rupiah Tanpa Terikat Jam Kantoran

Intinya, Freelance adalah salah satu profesi yang bekerja pada suatu perusahaan atau instansi tanpa perjanjian kerja jangka panjang atau tanpa ikatan kerja yang ketat. Pekerjaan freelance tidak terikat oleh waktu atau rutinitas kantoran. Freelancer mampu melakukan pekerjaannya di mana saja, kapan saja, dan dapat bergabung dengan siapa saja dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Misalnya, seorang ibu rumah tangga (IRT) yang mempunyai keahlian menulis dapat menjalani profesi sebagai penulis freelance di suatu penerbitan buku atau media cetak lainnya. Ia tidak perlu ke kantor untuk menyelesaikan tugas tulisannya. Ia dapat mengerjakan tulisannya di rumah sambil mengurus rumah dan anak sehingga ia tidak terikat oleh waktu. Ia dapat menulis kapan pun yang ia mau, tanpa harus mengganggu kewajiban lainnya. Istilahnya, freelancer mempunyai hak untuk mengatur waktunya sendiri.

Freelancer juga dapat menghasilkan uang layaknya karyawan yang bekerja di kantor. Bahkan, freelancer yang aktif dan kreatif bisa saja menghasilkan uang lebih banyak daripada gaji karyawan tetap. Oleh karena sifatnya yang cenderung fleksibel, freelancer dapat menciptakan sumber-sumber penghasilan dari banyak perusahaan yang menggunakan jasanya. Freelancer juga dapat bekerja sama dengan banyak perusahaan atau instansi tertentu yang terkait dengan keahliannya.

Apabila penulis freelance mampu menulis buku kepada lebih dari satu penerbitan, maka ia pun akan mendapatkan penghasilan berupa royalty dari setiap perusahaan yang menerbitkan bukunya. Di samping menjadi penulis freelance, jika memungkinkan, ia juga dapat menawarkan jasanya menjadi editor freelance untuk mendapatkan penghasilan tambahan di perusahaan penerbitan.

Keaktifan dalam menawarkan keahlian mengedit dan menulis pun dapat membuka peluang untuk bekerja sama dengan banyak perusahaan penerbitan. Inilah salah satu kelebihan freelancer dibandingkan dengan karyawan kantoran. Sebaliknya, seorang karyawan cenderung sulit untuk mengembangkan usaha atau mencari pekerjaan sampingan. Hal ini disebabkan rutinitas kantor yang sudah membelenggu atau beban kerja seorang karyawan yang telah diatur secara ketat oleh perusahaan.

Jika Anda ingin menekuni suatu pekerjaan, ada baiknya apabila Anda mengenal terlebih dahulu bidang kerja tersebut agar Anda dapat menjalaninya dengan senang, termasuk menjadi freelancer. Apabila Anda tertarik menjadi seorang freelancer, maka kenali dulu dunianya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda kenali sebelum menjadi freelancer, yaitu seperti :

  1. Apa jenis pekerjaannya?
  2. Bagaimana cara bekerjanya?
  3. Kapan waktu kerjanya?
  4. Keuntungan dan kerugian bila bekerja di bidang tersebut,
  5. dan lain-lain.

Demikian info tentang Menjadi Freelancer Dapat Meraup Rupiah Tanpa Terikat Jam Kantoran semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *