Ragam Pekerjaan Freelance

Menjadi Seorang Pengajar Freelance

By  | 

Di artikel ini kami akan jelaskan mengenai Menjadi Seorang Pengajar Freelance. Seorang pengajar harus memiliki pengetahuan akan materi yang diajarkan selain itu dia pun harus cakap mengajar dan ini melibatkan kemampuan personal seseorang. Jadi sangat percuma jika Anda pintar tetapi tidak cakap mengajar, karena bukan orang yang jenius yang dibutuhkan untuk profesi ini, tetapi orang yang smart dan cakap mengajar.

Menjadi Seorang Pengajar Freelance

Menjadi seorang tentor atau pengajar di sebuah bimbingan belajar atau tempat les, seperti les tari, musik, nyanyi, komputer, dan bahasa asing merupakan pekerjaan freelance yang menyenangkan. Bagi Anda yang menyenangi dunia pendidikan, menjadi seorang tentor sangat sesuai dengan jiwa Anda. Selain mengajarkan ilmu pengetahuan yang Anda kuasai, keahlian Anda dalam penyampaian materi dan pendekatan terhadap anak-anak akan semakin mapan.

Umumnya, seorang tentor/pengajar berlatar belakang minimal lulusan D3/S1. Jika Anda seorang guru di sekolah, menjadi tentor freelance di bimbingan belajar sangat menunjang. Hal ini disebabkan materi yang Anda dijelaskan di bimbingan belajar akan sama dengan materi di sekolah. Dengan demikian, Anda tidak mengalami kesulitan dalam penguasaan materi.

Sementara untuk menjadi tentor/pengajar di tempat les, seperti les komputer atau bahasa asing, tentunya Anda harus menguasai bidang komputer atau bahasa asing tersebut. Sama halnya dengan les tari, nyanyi, atau musik. Selain Anda mahir di bidang tersebut, memiliki sertifikat yang diakui secara nasional/internasional memberikan nilai lebih pada diri Anda.

Guru Privat

Selain menjadi tentor / pengajar di tempat bimbingan belajar, Anda juga dapat menjadi pengajar privat. Artinya, Anda mengajar secara khusus pada seorang siswa. Biasanya guru privat mengajar di rumah siswa dan materi yang diajarkan adalah materi yang diminta oleh siswa.

Untuk menjadi guru privat pelajaran, Anda harus menguasai pelajaran yang diminta oleh siswa. Lebih baik lagi jika Anda mampu menguasai beberapa pelajaran misalnya matematika dan bahasa Inggris. Selain itu, ada juga yang meminta privat untuk mengajar mengaji (baca Al-Quran), bahasa asing (seperti bahasa Arab, Perancis, Jepang, dan Jerman), penguasaan komputer, dan les menyanyi atau tari.

Tidak seperti di tempat bimbingan belajar, waktu mengajar ditentukan oleh kesepakatan antara guru dan siswa. Demikian juga dengan lama belajar, semuanya tergantung kesepakatan antara guru dan siswa. Untuk mendapatkan siswa, seorang guru privat harus kreatif dan aktif menyebarkan iklan atau promosi dalam bentuk leaflet ke sekolah-sekolah atau perumahan-perumahan.

Dari segi pendapatan, biasanya guru privat mendapatkan honor yang lebih banyak karena perhatian, waktu, dan materi yang diajarkan khusus untuk satu siswa tanpa ada gangguan dari orang lain. Biasanya gaji guru privat dua kali lebih besar dibandingkan dengan tentor di bimbingan belajar dalam sekali pertemuan.

Demikian info tentang Menjadi Seorang Pengajar Freelance semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *