komunitas sb1m

Ragam Pekerjaan Freelance

Profesi Konsultan dalam Bidang Keuangan

By  | 

Di artikel ini kami akan jelaskan mengenai Profesi Konsultan dalam Bidang Keuangan. Ragam profesi konsultan lain selain yang telah disebutkan dan dijelaskan di artikel sebelumnya yaitu konsultan dalam bidang keuangan di antaranya konsultan keuangan dan konsultan pajak.

Pasukan Synergy

Profesi Konsultan dalam Bidang Keuangan

Berikut penjelasan terkait konsultan bidang keuangan tersebut.

1. Konsultan keuangan

Konsultan keuangan berperan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan keuangan perusahaan, kantor, hingga masalah keuangan keluarga. Permasalahan keuangan di perusahaan biasanya berhubungan dengan pajak, cash flow, modal, utang-piutang, profit, hingga urusan gaji dan kesejahteraan karyawan secara ekonomi (seperti asuransi, dana pensiun, dan tunjangan-tunjangan lainnya).

Seorang konsultan keuangan dituntut untuk dapat menganalisis masalah keuangan perusahaan dengan cepat dan mencari solusi tepat terhadap permasalahan keuangan perusahaan. Hal ini disebabkan keuangan merupakan salah satu pilar utama “hidup mati” sebuah perusahaan.

Demikian juga dengan konsultan keuangan kantor atau institusi. Meskipun lingkupnya tidak seluas urusan perusahaan, tetapi tetap berperan penting. Konsultan keuangan di kantor akan menganalisis “kesehatan” keuangan kantor. Dana-dana yang digunakan oleh kantor akan diproses secara detail mulai dari sumber dana, si pemakai dana, tujuan dana digunakan, hingga bentuk nyata dari penggunaa dana (misalnya penggunaan dana untuk renovasi kantor).

Berbeda dengan konsultan keuangan perusahaan atau kantor, konsultan keuangan keluarga tidak serumit konsultan di atas. Permasalahan yang sering terjadi pada keuangan keluarga biasanya seputar pengaturan pendapatan dan pengeluaran keluarga baik harian maupun bulanan, cicilan, investasi, asuransi jiwa dan kesehatan, tabungan pensiun, dan dana pendidikan anak.

Pasukan Synergy

Latar belakang pendidikan yang harus dimiliki oleh seorang konsultan keuangan adalah minimal 51 jurusan manajemen dan keuangan. Selain itu, untuk menjadi freelancer konsultan keuangan baik di perusahaan, kantor, maupun konsultan keuangan keluarga dibutuhkan beberapa keahlian, di antaranya menguasai pengetahuan tentang keuangan baik mikro maupun makro, mampu menganalisis masalah keuangan, mencari solusi tepat secara finansial, dan paham mengenai aturan-aturan serta hukum ekonomi dan keuangan.

2. Konsultan pajak

Konsultan pajak merupakan sebuah pekerjaan yang khusus menangani perpajakan, baik pajak perusahaan maupun institusi. Seorang konsultan pajak harus mengetahui aturan perpajakan yang berlaku di perusahaan dan negara tempat perusahaan itu berdiri. Hal ini disebabkan peraturan dan hukum perpajakan yang berbeda-beda di tiap negara.

Hukum perpajakan termasuk besar pajak yang harus dibayarkan kepada negara, pajak izin usaha, pajak bumi dan bangunan, serta pajak-pajak lainnya. Selain itu, seorang konsultan juga harus paham mengenai sanksi-sanksi yang diberlakukan sebuah negara jika tidak melaksanakan kewajiban membayar pajak.

Seorang konsultan pajak harus membekali ilmu perpajakan minimal lulus S1. Selain mengerti mengenai perpajakan, seorang konsultan pajak juga harus mampu menguasai bahasa asing. Penguasaan terhadap program diperlukan untuk membuat laporan pajak. Laporan pajak perusahaan biasanya dilakukan oleh konsultan perpajakan secara berkala.

Demikian info tentang Profesi Konsultan dalam Bidang Keuangan semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *