Freelance

Sistem Kerjasama Antara Pengguna Jasa vs Freelancer

By  | 

Pembahasan kita sekarang yakni Sistem Kerjasama Antara Pengguna Jasa vs Freelancer. Sistem kerja dan jenis freelancer sangat beragam. Misalnya, dalam hal perjanjian kerja sama, ada yang membuat surat perjanjian dengan klien-nya melalui tanda tangan kontrak kerja. Di sisi lain, ada juga freelancer yang bekerja hanya berdasarkan persetujuan lisan saja. Jika freelancer bekerja secara profesional, ada baiknya ia membuat surat perjanjian kontrak kerja yang telah disepakati dan ditandatangani oleh freelancer dan klien-nya.

Sistem Kerjasama Antara Pengguna Jasa vs Freelancer

Semua hal yang terkait dengan pekerjaan yang akan ditangani, seperti lama waktu pengerjaan, anggaran biaya proyek dan waktu pembayarannya, serta hasil kerja yang harus dicapai freelancer harus tercantum jelas dalam surat perjanjian tersebut. Hal ini untuk menghindari kerugian yang dialami oleh kedua belah pihak. Selain itu, surat perjanjian kontrak itu dapat dijadikan dokumen sah secara hukum apabila ada salah satu pihak yang berbuat curang.

Pembayaran balas karya untuk freelancer juga sangat bervariasi. Pada umumnya, mereka menetapkan harga berdasarkan hari, jam, atau besar kecilnya proyek yang dikerjakan. Selain itu, ada juga freelancer yang memberikan harga berdasarkan hasil kerja yang diberikan kepada klien-nya, seperti  konsultan.

Ada juga beberapa freelancer yang memberikan anggaran biaya secara tertulis atau meminta uang muka terlebih dahulu kepada kliennya. Pembayaran sekian persen dari total balas karya yang akan didapat ibarat kontrak kerja tak tertulis. Dengan kata lain, apabila freelancer telah menerima uang muka tersebut maka freelancer mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Uang muka juga dapat dijadikan sebagai simbol persetujuan kerja sama antara freelancer dengan klien-nya. Sementara untuk proyek yang lebih kompleks, ada baiknya apabila pembayaran balas karya dalam surat perjanjiannya diatur berdasarkan hasil atau pendapatan yang diperoleh.

Demikian info tentang Sistem Kerjasama Antara Pengguna Jasa vs Freelancer semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *